top of page
  • Writer's pictureIlmu SEO

Sehat dan Bugar Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Caranya!

Di sela padatnya aktivitas harian, kita masih bisa lho menyempatkan untuk olahraga di rumah. Kok bisa? Iya, terkadang kita berpikir bahwa olah raga pasti menyita banyak waktu karena mengharuskan kita fokus pada berbagai gerakannya. Padahal tidak juga. Ada banyak aktivitas di rumah yang masih bisa digolongkan sebagai olah raga. Penasaran? Yuk mari kita coba


1. Menyapu dan Mengepel

Gerakan menyapu dan mengepel lantai membuat kita menggerakkan tangan dan kaki dengan gerakan menekan. Sehingga dengan meyapu dan mengepel kita bisa sekaligus mengecilkan lengan dan kaki. Dikutip dari situs Live Healthy, gerakan sesimpel ini bisa membakar sekitar 230- 310 kalori per jamnya. Ini setara dengan seporsi nasi goreng.



https://www.boldsky.com/img/2016/07/cleaning-house-ad-12-1468318854.jpg

2. Mencuci mobil

Jangan malas untuk mencuci sendiri kendaraanmu. Apabila kamu memiliki kendaraan sendiri, mobil misalnya, cobalah untuk mencucinya seminggu minimal satu kali. Dengan permukaan mobil yang luas, kamu harus bekerja ekstra untuk membersihkan bagian kap mobilnya. Mulai dari menyiram, memberi sabun pembersih sampai mengeringkannya. Dijamin akan terasa capeknya, namun juga otomatis membuat kita berolah raga. Selain sehat, juga hemat biaya cuci mobil deh!


3. Menguras kamar mandi

Olahraga dirumah juga bisa dilakukan dengan cara menguras kamar mandi. Kegiatan bersih bersih ini meliputi menguras bak mandi dan menyikat lantai serta dindingnya. Saat membersihkan lantai, usahakan kamu mengerjakannya sambil berjalan jongkok kemudian berdiri untuk membersihkan dindingnya. Nah, gerakan ini mirip gerakan squat jump yang mengharuskan kita berdiri dan jongkok berulang ulang dalam gerakannya.


4. Naik turun tangga

Kalau rumahmu bertingkat, maka kamu harus banget memanfaatkan tangga! Dikutip dari laman Kompas.com, kamu tidak perlu naik turun tangga berulang kali, cukup dengan naik – turun di satu anak tangga saja dengan gerakan cepat, bergantian kaki kiri dan kanan. Gerakan ini mirip dengan latihan step up di pusat kebugaran. Bonusnya, tentu saja kekuatan tubuh bagian bawah meningkat terutama di bagian otot paha belakang.



https://www.klikpdpi.com/images/artikel/naik-tangga-sesak-nafas.jpg

5. Mengangkat barang

Belanjaanmu banyak? Cobalah untuk mengangkatnya sendiri. Aktivitas ini sama halnya dengan olahraga angkat beban. Usahakan juga lebih memilih menggunakan keranjang belanja dibandingkan troli saat berbelanja. Dipastikan tanganmu akan lebih kuat dan berotot.


6. Mencuci baju

Walau zaman sekarang mesin cuci sudah menjadi kebutuhan dalam rumah tangga, tidak ada salahnya apabila kamu masih mencuci baju secara manual alias dengan tangan. Saat mencuci baju, kamu menggerakkan otot – otot tanganmu, sehingga membuatnya lebih kuat dan berotot. Menurut situs Calorielab, mencuci baju selama satu jam juga membakar sekitar 300 kalori. Wah, ini sih setara dengan semangkok bakso.




Yup! Itu dia ragam olahraga ringan di rumah. Kamu bisa berolah raga tanpa khawatir meninggalkan pekerjaan rumah. Sekali dayung, dua sampai tiga pulau terlampaui. Membersihkan rumah juga jadi lebih menyenangkan karena kita melakukannya dengan niat tambahan untuk berolah raga. Jadi juga jangan khawatir bila kamu masih belum mampu jadi member di pusat kebugaran. Dengan adanya kemauan, semua pasti masih ada jalan. Tuh, masih bisa latihan kardio dengan naik turun tangga, angkat dumbell digantikan dengan angkat barang dan lain sebagainya. Dan jangan lupa, sesuatu yang harus selalu menjadi semangat kita adalah : Men Sana in Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semangat olah raga guys!

7 views0 comments

Commentaires


bottom of page