top of page
  • Writer's pictureIlmu SEO

Kenali jenis yoghurt ini, mana yang jadi favoritmu?

Kamu tentu sudah tau banyak sekali manfaat yoghurt , selain bagus untuk pencernaan, yoghurt juga bermanfaat untuk kulit, terutama manfaat yoghurt untuk kecantikan. Yoghurt adalah sejenis minuman yang biasanya terbuat dari susu yang difermentasi. Yoghurt sendiri saat ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat dan dikenal sebagai cemilan sehat. Namun, apakah kamu sudah tahu kalau yoghurt memiliki jenis yang berbeda beda? Berikut adalah beberapa jenis yoghurt


Plain yoghurt

Pada dasarnya hampir semua yoghurt dibuat dari susu yang dipanaskan hingga suhu tertentu, kemudian diberi tambahan mikro-organisme dan difermentasikan. Jenis yoghurt ini benar- benar tanpa rasa karena tidak ditambahkan gula maupun perasa. Jika kamu ingin membuat kue dengan bahan tambahan yoghurt, maka yoghurt jenis inilah yang kamu seharusnya kamu pilih.




http://www.deltameatdeli.net/wp-content/uploads/2014/11/plain-yogurt.jpg


Greek Yoghurt

Greek yoghurt ini sebenarnya cara pembuatannya sama dengan yoghurt biasa. Yang membuatnya berbeda adalah proses selanjutnya yaitu penyaringan. Pada Greek yoghurt ini, hasil dari fermentasinya disaring kemudian cairannya dibuang dan ini dilakukan beberapa kali sehingga menghasilkan yoghurt yang kental. Dikutip dari laman The Kitchen, perbedaan antara yoghurt biasa dengan Greek yoghurt adalah protein yang terkandung dalam Greek yoghurt diklaim dua kali lebih besar dan separuh lebih sedikit karbohidrat dibandingkan yang biasa. Karena tekstur dan kandungan yang dianggap lebih sehat, jenis yoghurt ini sering dipakai untuk program diet dan digunakan sebagai pengganti mayonaise atau sour cream.



https://www.daringgourmet.com/wp-content/uploads/2015/01/Greek-Yogurt-1-lighter.jpg


Frozen Yoghurt

Frozen yoghurt atau biasa disebut Fro-Yo adalah salah satu jenis yang paling banyak ditemui dan dijual di gerai mall. Rasanya yang manis dan sedikit asam, serta teksturnya yang menyerupai es krim membuat yoghurt ini digandrungi banyak kalangan. Apalagi froyo biasanya diberi tambahan aneka topping untuk dijadikan pelengkap saat menikmatinya. Walaupun bentuknya dan rasa mirip es krim, froyo disebut sebut lebih menyehatkan dan guilty free alias tidak merasa bersalah saat makan banyak karena rendah kalori.



https://foodimentaryguy.files.wordpress.com/2017/01/frozen-yogurt.jpg?w=604


Yoghurt cair

Produk yoghurt cair banyak ditemui di supermarket dalam kemasan siap minum. Varian rasanya pun beraneka ragam mulai dari pisang sampai stroberi. Yoghurt cair juga hadir dalam beragam konsistensi, baik yang sangat cair hingga kental. Karena bentuknya yang praktis, membuat yoghut cair ini cocok dikonsumsi kapan pun.



http://1.bp.blogspot.com/-GnIg13e7Fr0/UqhWhGqdOCI/AAAAAAAACRQ/p6pDVY0GNvg/s1600/Heavenly+Blush+%2336.jpg


Yoghurt kelapa

Untuk anda yang alergi dengan susu sapi maupun produk dairy lainnya, jangan bersedih dulu, karena saat ini yoghurt juga ada yang terbuat dari produk non-dairy seperti dari perasan kelapa contohnya. Jenis yoghurt ini tidak mengandung laktosa, sehingga lebih aman. Manfaat yogurt ini tidak kalah dengan yang dibuat dari susu sapi, bahkan, kandungan lemaknya juga lebih rendah karena terbuat dari tumbuhan sehingga diklaim juga lebih sehat.



https://www.freshbeak.com/media/catalog/product/cache/1/image/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/c/o/coyo-natural-coconut-yogurt-12-oz-front.jpg


Yoghurt Kedelai

Untuk kamu yang vegetarian, yoghurt jenis ini sangat cocok dikonsumsi. Sama dengan produk yoghurt yang terbuat dari kelapa, yoghurt juga dapat dibuat dari sari kacang kedelai yang difermentasikan. Dengan penambahan mikroorganisme tersebut, sari kedelai yang cair dapat menjadi kental. Namun di balik minuman yang rendah kolesterol ini, yoghurt yang terbuat dari sari kedelai ini memiliki kandungan kalsium yang rendah serta rasa yang cenderung hambar dan getir.



https://i7.goodness-direct.co.uk/d/413707b.jpg


Di balik manfaat yougurt yang memang banyak sekali, kamu harus tetap hati hati mengonsumsinya. Karena saat kita berlebihan mengonsumsi yoghurt, bisa mengakibatkan gangguan saluran pencernaan semisal diare. Maka sebelum mengonsumsi, ada baiknya kamu tahu jenis mana yang kamu beli. Selamat mencoba!

5 views0 comments

Commentaires


bottom of page