top of page
  • Writer's pictureIlmu SEO

Jangan Ngaku Korean Lovers Kalau Belum Tahu Makanan Khas Korea Berikut

Apakah kamu sering melihat drama Korea dan sering salah fokus dengan makanan khas Korea yang dimakan oleh pemainnya? Budaya Korea saat ini semakin menjamur dan melekat dengan masyarakat Indonesia. Selain drama Korea, juga banyak bintang Korean Pop (K-Pop) yang turut digandrungi. Nah, karena hal tersebut, restoran berbau Korea pun mulai banyak didirikan. Sebelum kamu ke sana dan salah memesan karena tidak tahu jenis makanannya, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu. Ini dia daftar makanan Korea yang cukup terkenal dan banyak dijual di restoran. Sst, bahkan kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak bertebaran info cara membuat makanan khas korea yang bisa kamu buat di rumah.


1. Kimchi

Kimchi mungkin menempati daftar urutan teratas makanan yang paling terkenal dari Korea. Bagaimana tidak, makanan tradisional ini hampir wajib ada saat menyantap makanan apapun bagi orang Korea. Bahkan sampai ada “Kimchi Day” di Korea yang diperingati setiap tanggal 22 November. Kimchi sendiri merupakan jenis asinan sayur yang difermentasikan dengan cita rasa pedas. Sayuran yang paling banyak digunakan adalah sawi putih atau lobak. Cara membuatnya cukup mudah, setelah sayuran dicuci dan diberi garam, sayuran diberi bumbu yang terdiri dari bawang putih, jahe, kecap ikan dan tentu saja bubuk cabe, kemudian direndam dan difermentasikan. Selain dipakai untuk makanan pendamping, kimchi juga dapat diolah menjadi nasi goreng atau sup kimchi.



https://iuitravel.com/wp-content/uploads/2016/09/Kimchi.jpg


2. Bibimbap

Siapa bilang hanya Indonesia yang punya nasi campur? Yak, bibimbap adalah sejenis nasi campur a la Korea. Bahkan bibimbap memang diartikan sebagai nasi campur. Bibimbap biasanya berisi nasi putih dengan aneka topping yang disajikan di atas mangkok. Topping ini beraneka ragam, mulai dari telur, sayur- sayuran, daging sapi dan saus gochujang. Cara memakannya pun unik, sebelum disantap, seluruh topping tersebut diaduk dan dicampur menjadi satu.



https://fthmb.tqn.com/LLFXk4eXL-eQUe65OYqZwAs5SPA=/960x0/filters:no_upscale()/about/151435979-56a57a083df78cf772888a61.jpg


3. Tteokbokki

Merasa ribet membaca tulisan ” tteokbokki”? Padahal, tahukah kamu kalau cara bacanya adalah : “topoki”? Nah, tteobokki ini adalah makanan tradisional Korea berupa kue beras yang dimasak dalam saus gochujang yang bercita rasa pedas manis. Kue beras ini disebut dengan tteok yang biasanya berberbentuk batang silinder kecil. Pada perkembangannya, tteobokki tidak hanya dimasak dengan saus gochujang, tetapi disajikan dengan bumbu kecap asin (Gungjung) atau diberi tambahan topping keju mozarela.



https://i2.wp.com/www.milkandcardamom.com/wp-content/uploads/2017/06/Vegan-Tteokbokki.jpg


4. Kimbap

Bila Jepang punya sushi sebagai makanan khasnya, maka Korea juga punya kimbap. Sekilas bentuknya juga mirip sushi. Bahannya pun hampir sama, yaitu nasi, rumput laut (nori kering), sayuran dan lauk. Tapi tetap saja ada yang membuatnya berbeda. Biasanya nasi pada sushi telah dibumbui dengan cuka beras, sedangkan kimbap nasinya dibumbui dengan minyak wijen. Selain itu, isian pada sushi kebanyakan berasal dari bahan mentah segar seperti ikan salmon, tuna atau udang. Lain halnya dengan kimbap yang biasanya terdiri dari bahan matang.



http://4.bp.blogspot.com/-pGAzmbNYGy0/UwA_WzES4KI/AAAAAAAACYY/pyWiojw8wxE/s1600/kimbap1.jpg


5. Bulgogi

Jika kamu mencari makanan korea yang mudah dibuat di rumah, maka daging masak bulgogi adalah jawabannya. Bulgogi adalah masakan olahan daging khas Korea yang memiliki cita rasa manis dan biasanya berasal dari daging sirloin yang tidak memiliki banyak lemak dan dipotong tipis tipis. Bumbu yang digunakan tidak banyak, cukup bawang putih, bawang bombai, saus tiram, kecap manis, sedikit kecap asin, garam, gula, merica dan daging yang sudah dipotong potong tipis.



http://crazykoreancooking.com/sites/default/files/styles/feature_image_752_x_500/public/Spicy%20Pork%20Bulgogi.jpg?itok=hW-NLmn-


Itu dia rangkuman macam macam makanan Korea. Mana yang jadi favoritmu?

14 views0 comments

Comments


bottom of page