top of page
  • Writer's pictureIlmu SEO

Ini Cara Ampuh Usir Tikus dari Rumah!

Terkadang sebersih apapun rumah, selalu ada celah bagi tikus untuk masuk dan ini membuat kita berpikir keras bagaimana cara mengusir tikus. Sepakat kan kalau hewan pengerat satu ini banyak dibenci? Bukan saja karena sering mencuri makanan, tikus juga bisa membawa berbagai kotoran dan kuman penyebab penyakit, sebut saja leptospirosis, infeksi yang disebabkan oleh urine tikus. Nah, cara usir tikus ada beberapa bahan alami supaya tikus enggan balik ke rumah kita. Yuk dicoba


1. Bubuk Kopi

Tikus mengandalkan penciumannya untuk mencari makanan. Tikus memang memiliki indra penciuman yang tajam, sehingga dengan mudah melacak jejak yang ditinggalkan. Akibatnya tikus akan sering kembali ke tempat yang sama berulang kali. Untuk mencegahnya, kita bisa menggunakan bubuk kopi hitam. Sudah tahu kan kalau kopi memiliki aroma yang tajam pula? Nah karena ini lah tikus enggan mendekati area yang ada bubuk kopinya. Caranya cukup ambil bubuk kopi hitam dan taburkan di tempat yang biasa dilalui oleh tikus.



http://straitscoffee.com/wp-content/uploads/2014/01/bean-vs-ground.jpg

2. Mengkudu

Buah mengkudu atau dikenal juga sebagai buah pace terkenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini biasanya dikonsumsi dengan cara diblender. Rasanya yang pahit serta aroma yang tidak enak, membuat orang pun kadang malas mengonsumsinya. Di balik manfaat bagi kesehatan, mengkudu juga bisa digunakan untuk memgusir tikus. Buah mengkudu yang sudah matang bisa dipotong potong, kemudian diletakkan di area atau sudut rumah yang tikus biasa terpergok. Jangan lupa untuk mengganti potongan mengkudu apabila sudah mengering.



https://farm6.static.flickr.com/5285/5333862531_f6fa2a56a5_b.jpg


3. Bawang Putih

Kita pasti sepakat kalau bawang putih membuat makanan menjadi lebih sedap. Namun aroma asli bawang putih terkadang membuat indra penciuman kita bereaksi negatif. Demikian pula pada tikus. Karena indra penciumannya yang tajam, tikus juga sangat peka terhadap aroma bawang putih. Tikus akan cenderung menghindari area yang terdapat bawang putih. Oleh karena itu kita bisa coba cara mengusir tikus di rumah dengan meletakkan irisan bawang putih di tempat tikus biasa berada.



http://1.bp.blogspot.com/-08PUufsCrt4/VMBjYMlq0vI/AAAAAAAAABk/mbxGGtpQvho/s1600/gambar-bawang-putih.jpg


4. Cuka Putih

Bahan masak yang satu ini tentu dapat ditemukan dengan mudah di dapur. Aroma cuka putih yang sangat menyengat tentu akan mengganggu indra penciuman tikus yang sensitif. Bila ingin menggunakan cara ini, siapkan sarung tangan karet, segumpal kapas, wadah untuk menuang cuka dan cuka putih itu sendiri. Caranya tuangkan cuka ke dalam wadah, kemudian serap dengan kapas, dan letakkan di sarang tikus. Ingat ya, bila menggunakan cara ini, harus menggunakan sarung tangan karet karena cairan cuka yang asam dapat membuat kulit mengelupas.



https://www.stayathomemum.com.au/wp-content/uploads/2011/07/white-vinegar-500x500.jpg


5. Lada Hitam

Masih dengan bumbu dapur, kali ini menggunakan lada hitam. Kita yang mencium aroma lada saja biasanya ingin bersin, apalagi seekor tikus. Oleh karena itu, kita bisa mencoba untuk menaburkan bubuk lada hitam agar tikus tidak kembali ke rumah kita. Tikus pasti juga sangat membenci rasa yang pedas dan aroma yang tajam dari lada hitam.



http://theweightmonitor.com/Upload/THEWEIGHTMONITOR/Article/(24-04-2013)(10-06)bigstock-black-pepper-on-wo.jpg6.


6. Kamper Alias Kapur Barus

Kamper atau kapur barus memang bisa menyerap aroma tidak sedap. Meski benda ini memiliki aroma yang wangi, tetapi tetap saja menyengat. Simpan beberapa kapur barus di sudut rumah kita, maka tikus pun juga tidak akan melewati lagi. Selain itu, penggunaan kapur barus ini juga praktis karena tidak membuat kotor dan lama kelamaan akan menghilang karena menyublim di udara.



http://www.asian-central.com/stuffasianpeoplelike/wp-content/uploads/HLIC/dafc493fd8d12b7e55f105273be3c073.jpg

6 views0 comments

Comments


bottom of page