top of page
  • Writer's pictureIlmu SEO

Bosan dengan Sepedamu? Jangan Keburu Dibuang, Coba Cara Ini Untuk Membuatnya Tampak Baru

Warna sepeda yang itu itu saja terkadang membuat kita bosan dan ingin membuat inovasi dengan mewarnai sepeda yang kita miliki. Bersepeda bisa jadi memiliki banyak alasan, mulai dari berolah- raga, dipakai transportasi sampai untuk pemuas hobi gowes santai. Namun di Indonesia, masih sedikit orang yang memiliki sepeda lebih dari satu untuk efisiensi karena mungkin jarang digunakan. Nah, tidak jarang juga warna sepeda yang kita miliki sudah kusam atau catnya mengelupas. Padahal kerangka sepedanya masih sangat bagus. Daripada bosan dan membeli yang baru, yuk kita rombak tampilan sepeda kamu dengan mewarnai sepeda bmx milikmu kita agar tampak baru.



https://road.cc/sites/default/files/styles/main_width/public/spraybike-paint-4.jpg?itok=jhg3qMgg

Ada beberapa cara untuk mewarnai sepeda kita, antara lain mengecat dengan cat semprot kaleng atau yang terkenal dengan nama pilox. Cara mengecat dengan pilox ini jika dilakukan dengan benar, hasilnya juga tidak kalah dengan cat kompresor. Ada tiga jenis cat yang akan digunakan untuk mengecat satu sepeda, yaitu surface, base coat (pewarnaan) dan yang terakhir adalah clear coat untuk pelapisnya. Agar hasil mengecat lebih maksimal, ada baiknya kita melepaskan komponen sepeda dan hanya menyisakan rangkanya saja.

Selain pilox, yang diperlukan dan disiapkan antara lain paint remover, amplas, kuas, sarung tangan dan kapi (semacam alat perontok tembok yang terbuat dari besi). Langkah awal adalah dengan mengoleskan paint remover ke seluruh permukaan rangka sepeda. Kemudian didiamkan selama minimal 30 menit. Hati hati karena cairan ini sangat korosif, bisa menyebabkan tangan melepuh juga. Jadi ada baiknya kita menggunakan sarung tangan dan mengolesnya dengan bantuan kuas. Setelah itu rontokkan cat awal sepeda menggunakan kapi. Ingat ya, bersihkan sampai ke seluruh permukaannya. Kemudian baru disiram dengan air.


Langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa cat dengan amplas hingga halus. Proses pengerjaan ini memang memerlukan ketelitian dan kesabaran tinggi, apalagi kalau sepeda kita sudah berkarat. Kemudian siram lagi dengan air dan di- lap hingga kering.

Mulai masuk ke tahap pengecatan, untuk pengecatan awal digunakan pilox yang surfacer. Fungsinya adalah untuk memberikan daya lekat pada cat sehingga cat tidak mudah terkelupas. Penyemprotan pilox ini harus pada jarak yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Bila terlalu jauh akan membuat bintik bintik, sedangkan kalau terlalu dekat membuat cat akan terlalu tebal. Semprotkan cat ini ke seluruh bagian kerangka sepeda. Biarkan mengering, dan ini biasanya memerlukan waktu beberapa jam.


Setelah cat dasarnya kering, kita bisa mulai untuk mengecat dengan warna yang kita pilih. Bebas saja sesuai keinginan kita, dengan penggunaan surfacer tadi, cat warna kita akan tetap tampak terang seperti warna aslinya. Sebelum mengecat, pastikan tidak ada debu yang menempel, jadi kita bisa mengelap lagi dengan lap kering. Setelah itu mulai disemprotkan catnya dan bisa diulang dua sampai tiga kali. Kita juga bisa berkreasi dengan bantuan isolasi kertas (masking tape) atau kertas koran untuk melindungi bagian yang tidak ingin kita kenai cat.


Langkah terakhir adalah dengan menyempotkan cat transparan atau clear coat untuk melindungi dari goresan sekaligus memberikan efek mengilat pada sepeda. Bersihkan sekali lagi rangka sepeda dengan lap kering, dan semprotkan dua sampai tiga kali lapisan clear coat pada seluruh permukaan rangka sepeda dan biarkan hingga mengering.



https://acolorfuljourney.com/wp-content/uploads/2017/09/spray-painted-stenciled-bike-carolyn-dube-1-600x600.jpg

Voila! Tampilan sepedamu sudah baru lagi dan kamu pun pasti akan dengan semangat menggunakannya. Semangat hidup sehat, guys!

67 views0 comments

コメント


bottom of page