top of page

Inilah 5 Manfaat Kuning Telur yang Tidak Disangka untuk Kecantikan, Coba Yuk!



Sudah menjadi rahasia umum jika manfaat putih telur salah satunya untuk kecantikan. Bahkan putih telur juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit payudara, seperti yang bisa dilihat disini https://review.bukalapak.com/beauty/4-manfaat-putih-telur-untuk-payudara-dan-rekomendasi-produk-penggantinya-15741. Namun apakah Anda mengetahui manfaat kuning telur? Ternyata kuning telur memiliki banyak manfaat juga, khususnya bagi kecantikan.

Manfaat tersebut dikarenakan kuning telur memiliki lebih banyak lemak dan nutrisi yang baik untuk kulit. Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin A, B6, B12, D, E, K, zat besi, potasium, sodium, selenium.folat, kalsium, dan magnesium. Manfaat kuning telur tidak hanya untuk merawat kulit saja, kuning telur juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan membantu perkembangan otak.

Nah, untuk masalah kecantikan, kuning telur bisa digunakan sebagai masker yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk membuat masker kuning telur, pertama Anda harus memisahkan terlebih dahulu kuning telur dan putih telur. Ini bisa dilakukan dengan cara menyaring putih telur sehingga yang tersisa hanya kuning telurnya saja. Kemudian kocok kuning telur sampai halus. Agar manfaat kuning telur bagi kecantikan ini semakin maksimal, sebaiknya tambahkan bahan-bahan alami lainnya seperti susu atau lemon dan campurkan ke kuning telur sampai merata. Lalu aplikasikan campuran tersebut ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit – 30 menit, lalu bersihkan dengan air hingga bersih. Dengan melakukan hal ini secara rutin, niscaya kulit cerah, bersinar, dan halus impian Anda segera menjadi kenyataan.

Selain mencerahkan dan melembabkan kulit, manfaat kuning telur lainnya di antaranya :

1. Mengatasi Jerawat



Jerawat adalah salah satu masalah kulit bagi wanita maupun pria yang akan membuat penampilan terlihat lebih kusam dan kotor. Jerawat disebabkan karena berbagai faktor diantaranya faktor hormon, makanan, dan kebiasaan kurang baik seperti malas mencuci wajah. Munculnya jerawat disebabkan karena produksi minyak berlebih di wajah yang menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat kotoran dan minyak tersebut akhirnya menjadi jerawat di wajah.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan kuning telur yang dioleskan ke wajah. Caranya sangat praktis dan mudah. Namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi, kuning telur dapat membantu mengangkat kotoran bekas jerawat, memberikan protein pada kulit sehingga kulit akan tampak lebih mulus, dan dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.


2. Menghilangkan Komedo



Selain masalah jerawat, masalah kulit lainnya yang menjadi momok menakutkan yaitu komedo. Komedo bisa disebabkan karena paparan sinar ultraviolet atau kotoran bekas makeup dan polusi. Komedo terdiri dari dua jenis yakni white head dan black head. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah komedo karena masker kuning telur dapat membantu mengatasi masalah komedo ini.

Untuk mengatasi komedo dengan kuning telur, Anda harus mencampurkan kuning telur dengan jeruk nipis. Campuran tersebut kemudian dikocok hingga tercampur merata. Setelah itu, baru oleskan pada area yang berkomedo seperti hidung dan pipi. Kemudian tunggu masker hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.


3. Menyamarkan Mata Panda



Anda memiliki masalah kantong mata yang menghitam? Sudah mencoba berbagai cara, namun kurang ampuh? Sekarang Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai solusi untuk menyamarkan mata panda Anda. Memang timbulnya kantong mata hitam alias mata panda tidak dapat dihindarkan jika kita memiliki banyak aktivitas yang menyebabkan kurangnya waktu istirahat, atau bisa juga disebabkan karena kelelahan, badan kurang sehat, dan dehidrasi.

Hadirnya kantong mata yang menghitam tentu akan menurunkan rasa percaya diri Anda karena akan mengganggu kesempurnaan penampilan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kuning telur untuk mengatasi masalah mata panda tersebut. Caranya sangat mudah yakni dengan mengoleskan kuning telur di area kantong mata sebelum tidur. Keesokan harinya saat bangun, bersihkan olesan kuning telur tersebut dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin, niscaya mata panda Anda akan hilang.


4. Mengatasi Kulit yang Terlalu Sensitif



Memiliki kulit sensitif mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Biasanya pemilik kulit sensitif merasa kesulitan untuk merawat kulit karena banyak faktor yang menyebabkan kulit mereka menjadi sensitif. Misalnya beberapa bahan kimia tertentu yang dapat bereaksi cepat pada kulit.

Namun kini Anda tidak perlu bingung lagi, kuning telur bisa menjadi solusi tepat untuk masalah kulit sensitif Anda. Cukup dengan menggunakan kuning telur sebagai masker yang digunakan minimal 2 kali seminggu, kulit sensitif Anda akan berangsur-angsur membaik dan tidak terlalu sensitif seperti biasanya.


5. Mencegah Penuaan Dini



Daripada membeli produk perawatan yang mahal untuk mencegah penuaan dini, lebih baik Anda menggunakan kuning telur untuk mencegah hal tersebut. Penuaan dini ini sebenarnya diakibatkan karena penggunaan makeup berlebihan, kurang istirahat, terlalu banyak terpapar sinar matahari, dan lain-lain. Untuk mengatasi penuaan dini ini, gunakan kuning telur yang memiliki kandungan nutrisi sebagai masker yang ampuh untuk mencegah penuaan dini.

6 views0 comments
bottom of page