top of page

Acne Vulgaris adalah Tipe Jerawat yang Sangat Membutuhkan Perhatian Lebih



Sebagian banyak orang pasti pernah menderita kulit berjerawat, namun ada yang dalam tahap ringan ada pula yang berada di tahap yang cukup parah. Keberadaan jerawat cukup mengganggu penampilan, dan kepercayadirian penderitanya. Oleh karena itu penting untuk semua orang mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari, setidaknya sebagai pertolongan awal.


Berdasarkan penemuan seorang peneliti bernama Gallo, jerawat terbentuk karena asam lemak yang menonaktifkan enzim histon deasetilase yang biasanya berfungsi sebagai rem peradangan. Ketika jerawat sudah terbentuk mengobati dengan cara mencuci dengan sabun dan gel anti bakteri tidak akan cukup. Hal tersebut dikarenakan Propionibacterium Acne sudah berkoloni di permukaan kulit.


Hormon merupakan faktor yang paling besar dari munculnya jerawat. Hormon androgen memacu produksi minyak yang berlebihan. Ketika minyak yang berlebihan terperangkap di dalam pori-pori lalu menciptakan penyumbatan, itulah yang disebut dengan komedo. Walaupun komedo merupakan jenis jerawat teringan, tapi kondisi komedo yang tererupsi bisa mengakibatkan jerawat yang cukup parah, kondisi ini disebut dengan Acne Vulgaris.


Acne vulgaris adalah semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup, maupun jerawat yang diikuti dengan kulit menjadi kemerahan serta bersisik. Masalah ini biasanya muncul pada saat remaja dan berlanjut hingga dewasa. Hal-hal yang menjadi faktor penyebabnya antara lain kelebihan produksi minyak kulit, perubahan hormonal, dan kulit mati yang mengelupas tidak secara semestinya.


Berikut adalah tanda-tanda acne vulgaris :

- Permukaan jerawat berbentuk benjolan atau gumpalan berisi nanah,

- Kulit berwarna merah dan bersisik,

- Menunjukan gejala komedo hitam.


Cara mengobati acne vulgaris adalah dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan produksi minyak kulit yang berlebih, serta dengan cara meningkatkan pergantian sel kulit mati menjadi kulit yang baru. Penyakit jerawat ini tidak menular dan seiring berjalannya waktu dapat membaik walau tanpa perawatan apapun, tapi jika keadaannya bertambah parah dibutuhkan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan perawatan dan resep yang sesuai dengan jenis dan kondisi jerawat yang diderita.


Lebih jauh, terdapat beberapa tindakan pengobatan jerawat tipe ini, seperti pemberian antibiotic, pemberian obat oles berupa pemutih, tindakan dermabrasi yaitu teknik pengelupasan kulit menggunakan alat khusus, terapi cahaya, pengelupasan kulit dengan cahaya kimia, pemberian retinoid, terapi hormone, dan yang terakhir dengan menggunakan laser fraksional.


Retinoid merupakan obat yang memiliki kandungan vitamin A. Obat ini bekerja dengan cara memicu proses sel-sel kulit mati secara cepat dan menyeluruh, agar bisa digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Obat-obat yang tergolong retinoid adalah adapalene, isotretinoin, retinot dan tretinoin.



Ingat, sebenarnya yang paling penting bukanlah cara mengobatinya, melainkan perawatan yang dilakukan sehari-sehari pada wajah bahkan pada saat belum menghadapi masalah apapun. Untuk mencegah acne vulgaris dapat dengan cara melakukan hal-hal sebagai berikut:

- Berhenti merokok

- Hindari lingkungan yang lembab

- Hindari paparan sinar ultraviolet yang terlalu lama

- Hindari penggunaan kortikosteroid

- Mencuci muka secara rutin

- Mencuci rambut secara rutin

- Mengelola stress dengan baik.


Klik disini untuk tau 9 cara ampuh hilangkan jerawat hanya dalam semalam.


Sekarang kamu sudah cukup mengenal acne vulgaris. Bagi kamu yang belum pernah mengalaminya sebaiknya mulai dari sekarang biasakan melakukan hal-hal yang dapat mencegah munculnya acne vulgaris. Dan kamu yang saat ini sedang mengalaminya sebaiknya kamu berhati-hati dalam memberikan tindakan, berkonsultasi dengan dokter sangat dibutuhkan.

85 views0 comments
bottom of page