top of page

Manfaat Sunblock yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menggunakannya!

Updated: Dec 20, 2018


Sunblock dikenal sebagai tabir surya sehari-hari yang mengandung bahan anorganik, di mana zat tersebut fungsi utamanya adalah untuk melindungi kulit dari sengatan dan bahaya sinar ultraviolet. Cara kerja bahan tersebut adalah dengan menjadi dinding yang membatasi antara kulit dengan paparan sinar matahari sebagai upaya perlindungan terhadap kulit. Sinar matahari menjadi satu hal yang perlu dihindari karena panas yang dihasilkan akan memicu radiasi yang sangat membahayakan bagi kesehatan kulit manusia.


Meskipun sunblock pada dasarnya memiliki manfaat sebagai pelindung kulit dari bahaya paparan radiasi yang terdapat pada sinar matahari, akan tetapi pemilihan dan cara penggunaannya juga harus disesuaikan dahulu dengan jenis kulit. Hal ini karena setiap jenis kulit mempunyai masalah tekstur dan permasalahan yang berbeda, yang tentunya akan membutuhkan produk perawatan kulit yang berbeda.

Berikut penjelasannya:


1. Kulit normal


Jika kamu memiliki jenis kulit yang normal, kamu biasanya akan cenderung lebih leluasa memilih jenis sunblock yang akan digunakan. Hal ini karena kandungan pH kulit sudah mencapai ukuran normal sehingga jenis produk yang disarankan adalah jenis lotion. Hal ini karena sunblock jenis lotion memiliki kandungan air di dalamnya lebih tinggi dibandingkan kandungan minyak sehingga sunblock tersebut tidak akan menyebabkan timbulnya jerawat.


2. Kulit kering


Untuk jenis kulit yang kering, kamu dapat menggunakan sunblock dengan jenis krim karena sunblock jenis ini memiliki kandungan minyak alami dan lanolin. Kedua kandungan yang terdapat di dalam sunblock dengan jenis krim ini bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit yang kering secara lebih optimal sehingga kelembutan dan kelembutan akan terjaga.


3. Kulit berminyak dan sensitif


Untuk jenis kulit berminyak serta sensitif, jenis sunblock yang digunakan adalah sunblock dengan jenis spray dan diaplikasikan sesaat sebelum berada dibawah terik matahari langsung. Manfaat sunblock jenis ini adalah untuk meminimalisir tingkat sensitivitas dari jenis kulit itu sendiri dengan cara pencegahan iritasi secara langsung.


4. Kulit berminyak dan berjerawat


Untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat, kamu dapat pengaplikasikan sunblock dengan jenis gel agar jerawatmu tak bertambah parah. Jenis sunblock gel adalah jenis sunblock yang tidak mengandung banyak minyak dan sifatnya ringan saat digunakan. Selain itu, manfaat sunblock jenis ini adalah untuk membantu kelancaran proses penyembuhan jerawat pada kulit, karena kandungan air di dalamnya lebih dominan dengan campuran sedikit alkohol.


Dengan menggunakan sunblock yang sesuai dengan jenis kulit, selain hal yang di atas, kamu juga akan mendapatkan beragam manfaat seperti terhindar dari paparan radiasi sinar matahari, terhindar dari kerusakan jaringan kulit, dan mencegah terjadinya masalah penuaan dini. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti terjaganya elastisitas dan kelembaban kulit, menjaga tone warna kulit, serta menjaga warna kulit supaya terhindar dari kekusaman bahkan noda-noda hitam yang muncul akibat sinar matahari.


Selain sunblock untuk berbagai jenis kulit di atas, ada pula sunblock yang khusus digunakan saat kamu ingin melakukan aktivitas berenang. Baik di kolam renang maupun di laut, produk tabir surya yang disarankan adalah yang berbentuk waterproof atau tahan air. Di sini, produk sunblock yang tahan air selain tidak mudah luntur saat terkena air dan keringat, juga akan menutrisi dan melembabkan kulitmu saat berada di bawah terik sinar matahari. Karena sifatnya yang tidak mudah luntur tersebut, kamu juga harus membersihkan sunblock ini dengan pembersih khusus setelahnya.


6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page